Senin, 20 Oktober 2014

Nikah di Rumah atau di Gedung?

Hollaaaa kawannddd,,,

Kali ini, aku mau coba share kegalauan ku dalam menentukan venue resepsi pernikahan. Kebetulan aku dan si abangku ini sepakat dari awal untuk mengadakan resepsi di gedung, mengingat ngga mau repot2 di rumah apalagi smpe bikin keluarga capek gegara urusan perkewongan kita berdua. Etapiii,, keluarga camiku masih mempercayai tanggal baik berdasarkan perhitungan budaya mereka, sehingga capeng yg satu ini deg deg an doongg,, gimana kalau tanggal itu ternyata semua gedung full? aizzzz,, galaooo makk,, mauu ngga mau yaa nikahan nya di rumah atau di gedung serbaguna sekitaran rumah.

Nahhh,, buat para capeng sepertii eikee,,
ada beberapa hall yang perlu banget untuk dipertimbangkan sebelum nentuin lokasi venue pernikahan kita, diantaranya:

1. Budget
Penting pake bangett kalo udah ngomongin budget? why? Karena tentunya nikah di gedung dengan nikah di rumah itu cost nya bedaaa bgd. Setiap gedung punya charge yang beda2, even untuk rekanan pun masih dikenakan charge lhoo sodara-sodaraa. Tapii, pertimbangkan juga kalo mau acara di rumah itu ada cost untuk sewa tenda dan kursi, tungitungg dehh,, sewa tenda n kursi dengan sewa gedung harganya lebih bersahabat yang mana di kantong,, baru dehh tentuin!

2. Lokasi
Nahh,, ini hal yang ngga kalah penting. Misal capeng mau adain resepsi di gedung, perlu dipikirin jugaa nii lokasi nya strategis atau ngga! Jangan sampai mayoritas tamu undangan kalian di Jakarta Utara, tapii kalian ngadain resepsinya di Jakarta Selatan. Bayangin deh,, kalian ngundang orang tentu harapannya orang tersebut dateng ke acara kita,, tapii kalo lokasi nya jauhh apalagi macett, ngga mau doong tamu nya dateng dengan muka BT bin cemberuut apalagi ngegerutuu. Kalaupun capeng mau ngadain acara resepsi di rumahh,, cobaa difikirkan juga untuk tempat parkirnya,, jangan sampe acara kalian bikin kemacetan untuk warga sekitar dann malah jadii banyak yg kesell.

3. Kapasitas Ruangan
Penting banget untuk dicatet nii capeng, jangan maksain kapasitas gedung dengan jumlah tamu yang kita undang. Misal dari pengelola udah di info maksimal kapasitas 800 orang, ehh kalian ternyata ngundang 1000 orang (karena asumsi mungkin ngga semua orang akan hadir) Nahh, gimana kalau kejadiannya semua orang hadir? Penuuhh sesakk bangeett bangettt doonggg acara resepsi kalian dan pastinya  jadi ngga nyaman kalau sesak bin penuhh begituu.. So, sebelum mutusin untuk sewa gedung, pastiin dulu berapa jumlah tamu yang akan kalian undang.  Acara di rumah pun harus pinter-pinter atur dekor dan jumlah kursi juga harus diperhitungkan.

4. Ruang rias dan Toilet
Hal yang ngga kalah pentingnya buat sang manten adalah ruang rias. Pastiin ruang rias nya nyaman dan cukup untuk menampung keluarga yang mau di make up. Toilet pun yang mudah di jangkau akses nya oleh tamu tapi ngga mengganggu dekor secara keseluruhan, dan yang paling penting terjaga kebersihannya. Untuk acara dirumah, pastiin kamar atau ruangan mana yang akan digunakan untuk make up pengantin dna keluarga, serta toilet harus dipersiapkan juga yaa guys.


Nahhh,, setelah hal-hal diatas dipertimbangkan dengan pasangan anda, baru deh tentuin mau di gedung atau di rumah, mau pagi atau malam, karena itu semua sangat berpengaruh kepada total budget secara keseluruhan. Harga sewa gedung pun bervariatif dan pastiin charge yang dibebankan pihak gedung nantinya ngga akan menguras kantong kalian. So, pilih gedung atau rumah? Yang penting kalo buat aku mahh Nikah...hahahaha

Ditunggu update untuk list venue yang udah aku kunjungin yaaa


Cheers,
Ika Minie